Religious :: UKM MT (Majelis Ta'lim) Al Khawarizmi

Last update : 18/05/2010 15:51:32 PM

:: Nama & Lembaga  ::

Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Majelis Ta’lim Al-Khawarizmi

 

:: VISI dan MISI ::

Visi :

”Terbentuknya masyarakat kampus yang Islami di bawah naungan Ridho Illahi”

Misi :

1.      Terbentuknya barisan Aktifis Dakwah Kampus, yaitu mereka yang  menjadi barisan penggerak Kegiatan dakwah di Universitas Bina Nusantara

2.      Terlatihnya para ADK guna menjalankan kegiatan dakwah kampus

3.      Adanya perencanaan yang rapi tentang program dakwah kampus, berikut realisasi dan evaluasinya

4.      Terbentuknya opini indahnya Islam dikalangan masyarakat kampus khususnya civitas akademika Universitas Bina Nusantara

5.      Terkikisnya kebiasaan dan kegiatan yang tidak Islami serta tidak bermoral dilingkungan kampus Bina Nusantara, serta terbelanya ide dan kebiasaan yang Islami.

6.      Terangkat pentingnya supremasi Ilmu Pengetahuan dikalangan ADK dan civitas akademika Universitas Bina Nusantara

7.      Terlahirnya sarjana-sarjana yang komit terhadap Islam yang mengisi berbagai bidang di masyarakat, termasuk menjadi dosen di Universitas Bina Nusantara

 

:: Motto ::

Bersatu, bangkit, bergerak meraih sukses dunia sukses akhirat”

 

:: Sejarah ::

Majelis Ta’lim Al Khawarizmi adalah sebuah unit kegiatan mahasiswa kerohanian tingkat universitas. Lahir sebagai wujud wadah silaturrahmi antar elemen civitas akademika muslim Binus University. Berdiri sekitar tahun 1989, dengan target pertama adalah menyediakan tempat ibadah yang representatif, dikarenakan dulu belum ada tempat ibadah (musholla) dalam kampus Bina Nusantara serta sebagai wadah berinteraksi dan menjalin ukhuwah islamiah di kalangan mahasiswa, karyawan maupun dosen Muslim. Mulai dirintis pada tahun 1989. Lahir dengan nama Majlis Taklim Universitas Bina Nusantara dan kemudian berubah nama menjadi Majlis Taklim Al Khawarizmi pada tahun 1996. Al-Khawarizmi diambil dari nama seorang ilmuwan muslim yang menemukan konsep aljabar.

Kepengurusan seutuhnya dipegang oleh mahasiswa, namun dalam kegiatan-kegiatan tertentu seringkali melibatkan seluruh elemen muslim Binus diluar mahasiswa. Pada usianya yang lebih dari 1 (satu) dekade, hari ini, majelis ta’lim Al Khawarizmi mencoba untuk menyuarakan nilai islam dalam kehidupan dan dalam penerapan kehidupan kampus pada khususnya.

 

:: Profil dan Keunggulan ::

UKM MT Al- Khawarizmi adalah satu- satunya UKM Kerohanian Islam di Binus University

 

:: Kegiatan ::

§         Ruhani : Kajian Islam, Tausiyah, Madrasah Tatsqif, ATM (Ajang Temu Muslimah), D on-Air (Dakwah on Air), Buka Puasa Sunnah, QL Call, Menyelenggarakan Sholat Jum’at di Kampus dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

§         Wawasan dan Keilmuan : Ngopi (Ngobrol Pemikiran Islam), Mading, Belajar Asik Bareng, Buletin ICON (Islamic Community).

§         Sosial dan Silaturahmi : Kerja Bakti, Silaturahmi Akhwat, FSLDK, MT go public, Aksi Sayang Sesama, Kampanye Koko en Jilbab Day tiap hari Jum’at

§         Pelatihan : BBQ (Belajar Baca Quran), BBA (Belajar Bahasa Arab), Pelatihan Entrepreneurship, Training Softskill, Dauroh Organization Management and Leadership.

§         Lain-Lain : Visit Akhwat, Best Moment Akhwat, Outbond Akhwat, Muslimah’s Day, Seminar Muslimah, Wakaf Mushola, Keamanan Mushola, Angket Mushola, Website, Mailing List dan Forum, Bazar, Merchandise, Perpustakaan.

 

:: Prestasi ::

MT Al-Khawarizmi  pernah mengikuti kompetisi MTQ Nasional di Palembang tahun 2007, menjadi tuan rumah FSLDK (Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus) tahun 2002, dan menjadi koordinator Media Center FSLDK Jadebek (Jakarta, Depok dan Bekasi) periode 2007-2009.


§         URL :

§         Website                                          : www.alkhawarizmi.or.id

§         Forum                                            : www.forum.alkhawarizmi.or.id

§         Milis civitas Muslim Binus   : muslim_binus@yahoogroups.com

USER LOGIN

Organization Sub Menu

SCDC Video

Pembukaan Porsinara 2010

View another video

Page:
1

BINUS EDUCATION